Tanaman untuk mengusir keluhan akibat diabetes

Diabetes mellitus sering disebut ‘ibu segala penyakit’, karena penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih berat. Berbagai tindakan medis dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Beberapa tanaman obat juga dipercaya mampu mengusir keluhan akibat penyakit gula ini. Di antaranya:

1. Ciplukan

Ambil satu buah tanaman ciplukan yang sudah berbuah. Cabut beserta akar-akarnya, bersihkan. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tingga 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 1 kali sehari.

2. Jambu biji

Ambil 1 buah jambu biji setengah masak. Dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Air rebusan diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

3. Jambu monyet

Ambil 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Air rebusan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Belimbing wuluh

Ambil 3 genggam daun belimbing wuluh, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Air rebusan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

5. Kacapiring

Ambil 12 lembar daun kacapiring, direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Air rebusan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

6. Petai cina

Ambil segenggam biji petai cina yang sudah tua dan kering. Biji itu kemudian digoreng tanpa minyak (disangrai), lalu ditumbuk halus. Ambil satu sendok petai cina yang sudah menjadi bubuk, diseduh dengan segelas air panas. Diminum 1 kali sehari. Lakukan secara teratur.

7. Kedelai hitam

Ambil segenggam biji kedelai hitam. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum sehari sekali, secara teratur.

8. Kunyit

Ambil 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minum air rebusan ini seminggu dua kali, masing-masing setengah gelas.

Sumber: Suara Merdeka

Pos ini dipublikasikan di Artikel Diabetes dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tanaman untuk mengusir keluhan akibat diabetes

  1. farina berkata:

    sya ign brtnya…apakah smua tnmn obt trsbut bsa di cmpur mnjdi stu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s