Gula Ternyata Tidak Hanya Sebabkan Diabetes!

Bahwa gula menyebabkan gigi keropos atau diabetes, sudah dianggap biasa. Tapi bahwa gula ternyata juga menyebabkan kanker, tentu menjadi berita yang menakutkan bagi kita semua.

Soalnya makanan kita sehari-hari banyak mengandung gula.

berikut adalah 10 Cara Mengekang Ketergantungan Gula!

1. Olahraga.

Cukup 30 menit setiap hari. Olahraga adalah satu cara sehat untuk merangsang otak memproduksi hormon endorfin, narkotik otak alami yang dapat memberikan rasa senang tanpa efek samping.

Setiap keinginan makan makanan manis timbul, alihkan ke olahraga bukan ke lemari makan. Lakukan sesering mungkin, karena akan membuat Anda ketagihan olahraga daripada makanan manis.

2. Hindari Sumber Gula/Karbohidrat Diproses.

Gula, tepung putih, beras putih, sereal bersalut gula, alkohol, cokelat, aspartam, softdrink.

3. Makan sering dalam porsi kecil.

Makan lebih sering tapi dalam porsi lebih kecil dapat menjaga keseimbangan gula darah. Utamakan karbohidrat kompleks dan makan secukupnya. Makan kekenyangan dapat diikuti perasaan hampa setelah 4 – 6 jam kemudian. Keadaan ini dapat mendorong anda mencari makanan manis untuk menyenangkan hati.

4. Batasi makanan Tinggi Lemak.

Tim peneliti dari Howard Hughes Medical Institute di Chevy Chase, Maryland, Amerika, telah menemukan hubungan molekular antara pola makan tinggi lemak dengan gangguan produksi insulin yang merupakan tanda klasik diabetes tipe 2 (Jurnal Cell edisi Desember 2005)

5. Cukup Minum Air.

Atasi keinginan makan berlebihan dengan minum air, bukan makanan. Minum sedikitnya 8 gelas air sepanjang hari dapat memberikan sensasi kenyang pada tubuh Anda. Bawa sebotol air putih kemanapun anda pergi.

6. Sarapan Sehat.

Sarapan yang terdiri dari karbohidrat kompleks dan protein tidak hanya meningkatkan konsentrasi tetapi juga merangsang neurotransmitter pemberi semangat dan rasa senang.

Sarapan sehat jarang menyebabkan fluktuasi gula darah dan “ngidam” karbohidrat. Mereka yang tidak makan pagi cenderung makan berlebihan di sepanjang sisa hari.

7. Stop Kafein.

Menurut Dr James Lane, psikolog di Duke University Medical Center, Durham, North Carolina, Amerika, kafein dapat mengganggu proses pemindahan glukosa dari darah ke otot dan sel-sel lain pada tubuh.

Masih menurut Lane, kafein bisa jadi juga memicu pelepasan adrenalin, hormon yang dapat menaikkan kadar gula.

8. Tingkatkan makanan Berserat.

Banyak makan buah dan sayuran segar, karena seratnya dapat mencegah fluktuasi gula darah dan membuat rasa kenyang lebih lama.

9. Biasakan Dengan Rasa Asam.

Makanan asam dapat mengurangi keinginan berlebihan pada makanan manis.

10. Tidur 8-9 Jam Semalam.

Kurang tidur dapat meningkatkan ketagihan karbohidrat dan kecenderungan makan berlebihan.

( Sumber: Majalah Nirmala Maret 2008 )

Pos ini dipublikasikan di Artikel Diabetes dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s