Binahong : Obat luka super ampuh !!

Binahong merupakan tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang +/- 5 m. Akar berbentuk rimpang, berdaging lunak. Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar. Daun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 – 10 cm, lebar 3 – 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan. Bunga majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 – 1 cm, berbau harum. Perbanyaan Generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya. Sejak dahulu Binahong telah dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu khasiatnya adalah untuk menyembuhkan luka, luka terkena benda tajam maupun luka terkena benda tajam. Cara menggunakan Binahong sebagai obat luka adalah sebagai berikut :

  1. Ambil beberapa helai daun binahong
  2. Remas hingga menjadi lembut dan berlendir
  3. Tempelkan pada area luka, tunggu sebentar maka luka nada akan mengering
herbal benahong

Khasiat Binahong

Saya mengenal tumbuhan ini sejak si tole besar mengalami patah tulang dan menjalani operasi bedah. Pertolongan pertama yang saya lakukan terhadap memar pada paha kiri si tole adalah dengan membubuhi daun dan batang Binahong pada memar tersebut, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. Kemudian saya mengambil beberapa helai daun dan akar dari binahong kemudian saya rebus dengan gula batu setelah agak hangat saya minumkan pada si Tole.

Binahong adalah tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang ± 5 m,berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.

Bentuk daripada daunnya adalah tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 – 10 cm, lebar 3 – 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan.

Bentuk daripada bunga: majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 – 1 cm, berbau harum .

Bentuk daripada Akar: berbentuk rimpang, berdaging lunak.

Banyak sumber mengatakan bahwa Binahong (Anredera cordifolia) berasal dari Amerika Selatan, Cina bahkan Korea. Padahal di Indonesia, tumbuhan menjalar yang dikenal dengan nama Gendola ini sudah ada. Tumbuhan ini tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Banyak ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias dan obat.

Perkembangbiakkan tumbuhan ini adalah Generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya

Khasiat Utama

* Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus.
* Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
* Mencegah stroke, maag, asam urat.
* Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
* Wazir (ambeien)
* Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
* Diabetes
* Sariawan berat.
* Pusing-pusing.
* Sakit perut dll.

Untuk pemakaian dalam, ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari, Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.

Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari.

Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, perawatan kulit.

Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.

Batangnya untuk mengatasi kelemahan laki-laki, yaitu dengan cara diambil getahnya dioleskan pada penis, diamkan beberapa saat kemudian lakukan sanggama dengan istri. Cara lain dicampur dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu.

Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal.

Dikutip dari  Loedin di Sidoarjo

About these ads

7 responses to “Binahong : Obat luka super ampuh !!

  1. Bila makan daun binahong sebagai obat apakah ada efek sampingnya?

    • tanaman binahong bila digunakan untuk pengobatan herbal atau pengobatan alami yang tidak sesuai takaran atau dosis bisa berakibat fatal, tetapi bila sesuai dengan takaran insyaallah tdk akan ada akibat/efek negatif

  2. berapa dosis yang disarankan untuk digunakan bila sudah dibuat dalam capsul? berapa mg bobot per capsul bila sudah dalam bentuk ekstrak?Apa standar yang layak bagi rimpang binahong bila ingin membuat sediaan capsul?

  3. berapa harga ramuan daun unggu per botol? trs cara pembeliannya bagaimana? tlg balas

  4. sekitar bogor, kalau ada yang membutuhkan ‘bibit’ binahong dan sirih merah gratis hubungi Duduck 081553258296…jln.wangun 385 E (dealer HONDA) ciawi-tajur Bogor

  5. Untuk Daerah Kab. Pekalongan Jawa Tengah, jika ingin membeli bibit daun Piahong atao Binahong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s